-->

Tuesday, December 4, 2012

Peran Blog dalam Dunia Pendidikan


Peran Blog dalam Dunia Pendidikan (guru go blog)# Indonesia sebagai Negara berkembang semakin dituntut untuk mengikuti arus globalisasi dunia. Manusia dihadapkan dengan berbagai fasilitas dunia menuju kemakmuran. Salah satunya adalah perkembangan teknologi yang semakin mudah dijumpai. Berbagai fasilitas, kualitas dan manfaat yang ditawarkan oleh teknologi informasi, yaitu memudahkan hidup manusia dalam mengakses berbagai informasi. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Kita ambil contoh saja internet. 


Peran Blog dalam Dunia Pendidikan (guru go blog)#Dalam kurun waktu yang amat cepat beberapa dasawarsa terakhir telah terjadi revolusi internet di berbagai negara serta penggunaannya dalam berbagai bidang kehidupan. Keberadaan internet pada masa kini sudah merupakan satu kebutuhan pokok manusia modern dalam menghadapi berbagai tantangan perkembangan global. Kondisi ini sudah tentu akan memberikan dampak terhadap corak dan pola-pola kehidupan umat manusia secara keseluruhan. Dalam kaitan ini, setiap orang atau bangsa yang ingin lestari dalam menghadapi tantangan global, perlu meningkatkan kualitas dirinya untuk beradaptasi dengan tuntutan yang berkembang. Semua informasi di input kedalamnya. Dalam internet blog sangat berpengaruh dalam menambah informasi dan pengetahuan mengenai teknologi, computer, tutorial, bahkan dalam pendidikan dapat digunakan sebagai sumber belajar yang sangat baik.

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.

Peran Blog dalam Dunia Pendidikan (guru go blog)#Blog lebih bersifat pribadi dan mendidikan jika ditinjau dari banyak nya jumlah Blog yang terdapat di dunia maya. Blog memiliki peran kedua terpenting setelah search engine, sebagai media untuk mencari tahu dan memberi tahu sehingga sudah sewajarnya kita memasyarakat kan Blog, Blog lebih baik dari situs jejaring sosial karena lebih mendidik dan lebih mengarahkan kita ke penggunaan internet sehat. Kalau dalam pendidikan, blog juga bisa digunakan sebagai wadah interaksi antara siswa dan murid pada saat diluar jam sekolah. Sehingga melalui blog guru (pendidik) dapat memberikan penjelasan kepada siswa tentang materi pembelajaran yang tidak dipahami siswa di sekolah sehingga siswa mudah memahaminya. Selain itu blog juga berperan penting dalam bertukar informasi, pengetahuan dalam dunia pendidikan antar guru (pendidik) yang lain.
Rosenberg (2001) beliau mengungkapkan bahwa e learning merujuk pada penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan. Sebuah blog dapat dijadikan media belajar interaktif, misalnya sebuah komunitas guru di sebuah sekolahan rame-rame membuat blog yang isi atau konten sebuah blog menyangkut mata pelajaran yang di ampu masing-masing guru. Kemudian ada siswa yang mengakses blog tersebut, Si siswa mengisi comment di blog, sehingga terjadi komunikasi dalam sebuah blog tanpa
di batasi sebuah protokoler antara guru dan murid.
Kekuatan blog dalam dunia dalam dunia pendidikan


  • Bisa dijadikan ajang belajar menulis untuk menuangkan ide
  • Isinya bisa luas menyangkut banyak hal pengajaran
  • Bukti portofolio seorang guru terkait profesionalitasnya
  • Relatif lebih hemat biaya
  • Menembus ruang & waktu
  • Bebas aturan alias suka-suka yg nulis (yg ada hanya etika atau aturan
  • Melepaskan kebiasaan formalitas untuk menghambur uang rakyat
  • Pengembangan proses pembelajaran yang bervariatif


Berikut ini merupakan manfaat blog bagi dunia pendidikan :
Pertama, Mendorong siswa untuk selalu mendokumentasikan apa yang ada di dalam pikiran mereka, termasuk di antaranya adalah pengetahuan, pengalaman, perasaan, pendapat, dan lain-lain, dengan metode yang paling sesuai dengan kepribadian masing-masing, apakah itu lewat tulisan, gambar, suara, atau video. Hal ini, selain berguna sebagai ajang latihan mengungkapkan ide-ide yang terpendam, juga berguna untuk penghematan biaya dalam hal publikasi gagasan karena dengan media blog, sebuah gagasan tidak perlu dimuat dalam ribuan lembar kertas agar dapat terpublikasi secara luas. Setiap buah pikiran yang berhasil mereka dokumentasikan, sebaiknya diberi apresiasi agar mereka juga semakin terpacu untuk mendokumentasikan pengetahuan yang mereka punya. Apresiasi tersebut tidak harus berupa materi, tapi bisa juga berupa tanggapan, pengakuan, pujian, dan bahkan kritikan atas apa yang mereka berhasil dokumentasikan.

Kedua, Menggantikan kelas-kelas diskusi yang selama ini selalu terbatas pada waktu dan sebuah ruangan fisik, sehingga proses pembelajaran pun dapat diselenggarakan dengan lebih fleksibel.

Ketiga, Cara yang efektif untuk meningkatkan minat belajar para siswanya.Misalnya seorang guru memposting suatu permasalahan atau materi pelajaran yang disusun dalam suatu bahasa yang formal tetapi lebih santai. Para siswanya kemudian bisa blogwalking ke blog tersebut dan kegiatan belajar mengajar pun bisa menjadi lebih menyenangkan. Materi pelajaran yang diposting melalui media blog bisa menjadi sebuah konten hebat yang bermanfaat bagi kemajuan dunia pendidikan.

Keempat, Sebagai perpustakaan pribadi guru, sehingga dapat dengan mudah seorang guru mengakses informasi yang ada di blognya sendiri serta bisa mendapatkan penghasilan dari blog yang guru buat tersebut. Selain itu dapat juga memberikan informasi, pengetahuan dan wawasan kepada guru yang lain dalam dunia pendidikan. Kita bias ambil contoh blog www.sriudin.com adalah salah satu blog yang membahas mengenai informasi pendidikan.

Kelima, Memperkenalkan teknologi internet di kalangan pelajar dan pengajar, juga bisa menjadi terobosan baru di dunia pendidikan. So, tunggu apa lagi, teknologi yang semakin canggih ini asal dimanfaatkan semaksimal mungkin, diharapkan dapat menghasilkan suatu perubahan besar, tidak hanya di bidang pendidikan, bahkan mencakup semua bidang.

dari sekian manfaat blog mungkin masih banyak manfaat yang bisa diambil dari blog....tolong tambahkan ya...

Ayo Bapak/Ibu Guru kita ngeblog….jadikan blog sebagai media/sumber belajar bagi siswa-siswa kita di sekolah….
Blog bersifat gratis dapat anda coba seperti blogger.com, wordpress, dagdigdug, blogdetik dan masih banyak yang lain….

BERSIAP MENJADI “ GURU GO BLOG ”
 

Advertiser