-->

Thursday, September 13, 2012

ADMINISTRASI KEPALA SEKOLAH YANG BERSIFAT UMUM

Adapun administrasi Kepala sekolah yang bersifat umum yang harus dimiliki kepala sekolah adalah :

1. RKS (Rencana Kerja Sekolah)
            Rencana Kerja Sekolah/Madrasah merupakan rencana kerja yang memiliki jangka waktu empat tahun yang disusun dan dilaksanakan oleh Kepala Sekolah/Madrasah, Guru, Pegawai, beserta Komite Sekolah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan nasional.
            Rencana Kerja Sekolah/Madrasah harus sesuai, sejalan, dan mendukung tercapaianya Visi, Misi dan Tujuan Sekolah yang telah disusun sebelumnya.
            Sebelum Rencana Kerja Sekolah/Madrasah disusun terlebih dahulu kita harus melakukan empat tahapan kegiatan yaitu :
1.1.   Kegiatan Pemetaan dan Kondisi Harapan Sekolah.
1.2.   Merumuskan Kesenjangan dan Alternatif Pemecahannya.
1.3.   Menentukan Skala Prioritas.
1.4.   Membuat Jadwal Kegiatan, kemudian
1.5.   Membuat RKS (Rencana Kerja Sekolah).
            Cakupan isi program RKS sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan adalah minimal meliputi bidang :
1.   Kesiswaan
2.   Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran.
3.   Pendidikan dan Tenaga Kependidikan serta Pengembangannya.
4.   Sarana dan Prasarana.
5.   Keuangan dan Pembiayaan.
6.   Budaya dan Lingkungan Sekolah.
7.   Peranserta Masyarakat.
8.   Rencana-rencana kerja lain yang mengarah pada peningkatan dan pengembangan mutu pendidikan.
            Pada halaman  13  akan diberikan bentuk format masing-masing tahapan kegiatan dan format pembuatan RKS.


2.   Program Tahunan Kepala Sekolah
            Program Tahunan Kepala Sekolah kadang disebut Rencana Kerja Tahunan (RKT) yang disusun oleh Kepala Sekolah bersama Dewan Guru/Pegawai dan Komite Sekolah.
            Program-program pada Program Tahunan ini harus sama dengan program-program yang terdapat di dalam RKS (Rencana Kerja Sekolah). Program Tahunan/RKT merupakan realisasi atau pelaksanaan dari RKS. RKS merupakan program jangka menengah sedangkan Program Tahunan atau RKT merupakan program jangka pendek. Di dalam RKS tidak ada istilah program jangka menengah
(4 tahun) akan merupakan pelaksanaan program jangka panjang yang tidak terbatas waktunya. Penentuan program jangka menengah
(4 tahun) dikaitkan dengan masa penilaian kinerja Kepala Sekolah. Jika Kepala Sekolah tersebut menduduki jabatannya selama dua kali 4 tahun atau 8 tahun maka akan dikenai aturan turun dari jabatan Kepala Sekolah atau naik menjadi Pengawas Sekolah jika nilai Standar Kompetensinya tinggi.
            Bentuk format program Tahunan Kepala Sekolah/RKT dapat dilihat pada halaman  63    

3.   Buku Agenda Kegiatan Kepala Sekolah
            Segala bentuk kegiatan Kepala Sekolah terkait erat dengan pelaksanaan pelaksanaan tugas pokoknya dicatat pada buku Agenda Kegiatan Kepala Sekolah. Kegiatan-kegiatan yang dicatat antara lain seperti ;
3.1.   Rapat-rapat dinas Kepala Sekolah di instansi-instansi pemerintah.
3.2.   Rapat-rapat dinas Kepala Sekolah di sekolah bersama guru-guru, pegawai, komite sekolah dan orang tua/wali siswa.
3.3.   Rapat-rapat dinas Kepala Sekolah di PKG/wilayah gugusnya.
3.4.   Kegiatan Kepala Sekolah mengikut Diklat, Workshop, seminar pendidikan, studi banding, dll.
3.5.   Kegiatan Kepala Sekolah mengikuti Upacara Bendera PHBN.

Untuk lebih jelas hal-hal lain juga yang perlu di catat lihat contoh bentuk format halaman  67 !

4.   Buku Agenda Rapat Kepala Sekolah/Notulen
            Buku Agenda Rapat Sekolah/Notulen adalah catatan-catatan tentang kegiatan-kegiatan rapat dinas di sekolah yang diikuti oleh dewan guru/pegawai dan kadang juga di hadiri oleh komite sekolah beserta orang tua/wali siswa. Lihat contoh bentuk format halaman 71 !

5.   Buku Tamu Umum Sekolah
            Setiap tamu umum yang datang ke sekolah terkait masalah pendidikan diberikan Buku Tamu untuk mencatat nama, jabatan, dan tujuan kedatangnnya atau pesan dan kesan terhadap pendidikan di sekolah. Tamu umum seperti Kepala Desa, Camat, dari Puskesmas, dll.
Bentuk format Buku Tamu Umum Sekolah ada di halaman

6.   Buku Tamu Khusus Sekolah
            Tamu-tamu khusus sekolah diberikan juga Buku Tamu Khusus untuk mencatat perihal kedatangannya, nama, jabatan, tujuan kedatangannya serta pesan dan kesan terhadap masalah yang terkait dengan pendidikan. Lihat contoh bentuk format pada halaman 79 !

7.   Buku Kunjungan Komite Sekolah
            Setiap kehadiran Komite Sekolah pada jam dinas atau di luar jam dinas sekolah mencatat juga perihal kehadirannya terkait dengan tugas atau fungsinya sebagai Komite Sekolah. Perhatikan contoh bentuk format Buku Kunjungan Komite Sekolah pada halaman 85 !

8.   Buku Kunjungan Orang Tua/Wali Siswa
            Kunjungan orang tua/wali siswa ke sekolah perlu juga mencatat/dicatat perihal kehadirannya terkait masalah kelangsungan proses pendidikan peserta didik. Permasalahan kehadirannya dicatat pada Buku Kunjungan Orang Tua/Wali Siswa. Lihat contoh bentuk format di halaman 87 !
9.   Buku Agenda Surat keluar Masuk
            Berbagai macam dan jenis surat yang dikeluarkan Kepala Sekolah dan surat-surat yang masuk dari instansi-instansi pemerintah dan lembaga-lembaga sosial/humas tentang permasalahan pendidikan dicatat pada Buku Agenda Surat Keluar Masuk sesuai bentuk format pada halaman 91.

10. Buku Kegiatan Sosial
            Keikutsertaan warga sekolah dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial/kemasyarakatan seperti gotong royong di lingkungan desa/kelurahan membangun tempat ibadah, membersihkan selokan dari sampah, penyantunan terhadap anak yatim piatu dan orang tua jompo, dll. Kegiatan-kegiatan sosial tersebut dicatat di Buku Kegiatan Sosial sebagaimana contoh bentuk bukunya pada halaman 95 !

11. Buku Inventarisasi Undangan Sosial Kemasyarakatan/Humas
            Surat-surat undangan dari masyarakat sekitar untuk warga sekolah ikut berpartisipasi memberikan sumbangan berupa dana, pikiran, dan tenaga dicatat dan di dokumentasikan. Termasuk juga surat undangan kematian dan resepsi pernikahan didokumentasikan sebagai bukti fortofolio Humas warga sekolah. Contoh bentuk format lihat pada halaman 99 !

12. Buku Program UKS/PKHS
            Bentuk program UKS/PKHS serta pelaksanaannya dapat dilihat pada halaman 103 !

13. Buku Program 7 K
            Bentuk program 7 K dan pelaksanaannya dapat dibuat sesuai contoh bentuk format di halaman 107 !

14. Buku Pelaksanaan Program Pesantren Kilat
            Kegiatan pesantren Hat biasa diadakan pada Bulan Suci Ramadhan setiap tahunnya. Materi-materi kegiatan pesantren kilat adalah terkait dengan upaya peningkatan keimanan dan ketakwaan peserta didik. Materi-materinya seperti :
a.   Pembelajaran ilmu tajwid dan tadarrusan baca Al-Qur'an.
b.   Menghafal ayat-ayat pendek (Juz'amma).
c.   Pelaksanaan Sholat berjama'ah lima waktu dan Sholat sunat Tarawih serta Witir.
d.   Belajar berpidato/berdakwah, dan sebagainya.
Contoh bentuk Buku Pelaksanaan Pesantren Kilat dapat dilihat pada halaman 111!

15. Buku Kegiatan Apel Upacara Bendera.
            Pelaksanaan upacara bendera di sekolah setiap hari Senin dan PHBN perlu juga direncanakan dan dilaksanakan dengan baik. Lihat contoh bentuk format pelaksanaannya di halaman 115 !

16. Buku Piket Sekolah
            Kegiatan piket sekolah setiap hari yang dilaksanakan oleh guru-guru/pegawai secara bergilir dan terjadwal perlu dicatat pelaksanaannya sesuai contoh format di halaman 119 !

17. Buku Evaluasi Program Sekolah
            Pelaksanaan program sekolah yang telah disusun oleh Kepala Sekolah bersama Dewan Guru/Pegawai atau bersama Komite Sekolah pada setiap akhir tahun pelajaran perlu diadakan evaluasi. Hal-hal yang dievaluasi terkait setiap butir program dengan kendala yang dihadapi dan tingkat keberhasilannya.

18. Buku Tindak Lanjut Program Sekolah
            Setelah diadakan evaluasi terhadap program sekolah yang sudah dilaksanakan disimpulkan beberapa kendala atau permasalahan yang menyebabkan program sekolah tidak dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan hasil pelaksanaan program yang kurang maksimal. Kepala Sekolah bersama Dewan Guru/Pegawai dan Komite Sekolah merencanakan langkah-langkah perbaikan dan pemrograman dan pelaksanaannya dengan kata lain akan diadakan tindak lanjut terhadap program sekolah.
19. Buku Inventarisasi Perpustakaan Sekolah
            Buku-buku fiksi dan non fiksi yang ada di sekolah harus diinventarisasi dalam Buku Perpustakaan Sekolah. Buku-buku fiksi dan non fiksi tersebut adalah yang dibeli dan Dana BOS, DAK Mutu/Buku dari pemerintah, dan buku-buku yang didriping oleh Pemerintah. Contoh Buku Inventaris Perpustakaan Sekolah

20. Buku Pinjaman Perpustakaan Sekolah
            Bentuk Buku Peminjaman Perpustakaan Sekolah oleh warga sekolah/peserta didik

21. Buku Profil Sekolah
            Bentuk Buku Profil Sekolah yang sangat sederhana d
untuk file downloadnya masih dalam tahap upload....

Advertiser