-->

Monday, January 12, 2009

COOPERATIVE LEARNING SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA ABSTRAK

Matematika sebagai suatu pertanda perkembangan intelegensi manusia, matematika juga merupakan salah satu cara mengembangkan cara berpikir oleh karena itu matematika sangat diperlukan baik untuk kehidupan sehari-hari maupun dalam menghadapi kemajuan IPTEK. Salah satu permasalan dalam pembelajaran matematika yang dihadapi oleh sebagian besar guru matematika di Indonesia adalah mengenai model pembelajaran yang digunakan. Sudah saatnya guru matematika membuka paradigma baru dalam pola pengajaran matematika di kelas. Dimana matematika yang selama ini dianggap sebagai mata pelajaran yang membosankan dan menakutkan berubah menjadi sesuatu yang menyenangkan dan mengasyikkan. Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning.

Dalam karya tulis ini akan dijelaskan pentingnya Cooperative Learning, bagaimana pelaksanaan Cooperative Learning dalam mata pelajaran matematika, serta kelebihan dan kelemahan Cooperative Learning serta solusi untuk mengatasi kelemahan dalam Cooperative Learning. Cooperative Learning merupakan strategi pembelajaran yang menitikberatkan pada pengelompokan siswa dengan tingkat kemampuan akademik yang berbeda kedalam kelompok-kelompok kecil (Saptono, 2003:32).
Metode penulisan dalam karya tulis ini dilakukan melalui beberapa langkah mulai dari menemukan dan mengidentifikasikan masalah sampai pada merumuskan alternatif pemecahan masalah.
Cooperative Learning pada intinya memuat suatu model pembelajaran yang tidak hanya membantu siswa belajar akademik dan keterampilan semata, namun juga melatih siswa untuk mencapai tujuan hubungan sosial manusia. Berkenaan dengan kegiatan siswa dalam pembelajaran matematika, cooperative learning membutuhkan peran aktif baik guru maupun siswa.

Kata Kunci:
Cooperative Learning, motivasi belajar, pembelajaran matematika
Download Karya Tulis Lengkap

Advertiser