-->

Saturday, August 1, 2009

Motivasi belajar matematika

Di dalam Undang-undang sistem pendidikan Nasional No 20 Tahun2003 tentang “ Sistem Pendidikan Nasional “ menyatakan, “ Pendidikan diselenggarakan dengan memberikan keteladan, membangun kemauan, dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran”.
Berbicara masalah pendidikan cakupannya cukup luas, untuk mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas diperlukan manajemen pendidikan yang dapat memobilisasi segala sumber daya pendidikan khususnya peserta didik.
Dalam Proses Belajar Mengajar, salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah adalah matematika. Matematika merupakan ilmu yang bersifat universal yang mendasari perkembangan teknologi modern. Artinya, matematika mempunyai peranan yang sangat penting dalam berbagai disiplin ilmu serta memajukan daya pikir manusia. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan yang pesat di bidang teknologi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang bilangan, aljabar, analisis, teori peluang. Untuk dapat menguasai dan menciptakan teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak usia dini. Sehiggga berangkat pada persepsi tersebut mata pelajaran matematika diberikan kepada semua peserta didik sejak dari Sekolah Dasar (SD) untuk membekali siswa agar mempunyai kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, kreatif, serta memiliki kemampuan bekerjasama. Jadi diharapkan dalam proses belajar mengajar, keaktifan siswa dapat ditingkatkan lagi sehingga hasil belajarnya pun meningkat.
Matematika memiliki peranan sangat besar dalam kehidupan mendatang, tetapi dewasa ini mata pelajaran matematika masih menjadi momok bagi kebanyakan siswa. Menurut Imam Subandi penyebab matematika masih menjadi masalah bagi anak didik diantaranya adalah kurangnya minat belajar matematika siswa, siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pelajaran, siswa masih menganggap bahwa matematika itu sulit dan tidak menyenangkan, dan guru juga kurang bervariasi dalam menyajikan materi matematika.

Advertiser