RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : IV (Empat)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi :
Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung
Indikator :
1. Mendefinisikan perkalian sebagai penjumlahan yang berulang
2. Melakukan perkalian sampai sepuluh
3. Melakukan perkalian dengan cara bersusun panjang
4. Melakukan perkalian dengan cara bersusun Pendek
Tujuan Pembelajaran
Melalui pengamatan, latihan, dan penjelasan dari guru tentang materi pelajaran siswa diharapkan dapat :
1.Siswa dapat mendefinisikan perkalian sebagai penjumlahan yang berulang
2.Siswa dapat melakukan perkalian sampai sepuluh
3.Siswa dapat melakukan perkalian dengan cara bersusun panjang
4.Siswa dapat melakukan perkalian dengan cara bersusun Pendek
5.Siswa dapat melakukan perkalian dalam kehidupan sehari-hari
Materi Ajar
Operasi Hitung Bilangan ( Perkalian )
Melakukan Operasi Perkalian
1.Dengan definisi perkalian sebagai penjumlahan yang berulang, maka bentuk perkalian tersebut dapat kita tuliskan: 4 × 21 = 21 + 21 + 21 + 21 = 84.
2.Dengan Cara bersusun Panjang dan pendek
Cara bersusun pendek Cara bersusun panjang
2 1 21
4 4
––– x x
8 4 4
80
84
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.Pendekatan Cooperatif Learning Tipe TGT (Teams-Games-Tournaments)
2.Kerja kelompok
3.Tanya jawab.
4.Ceramah.
Selengkapnya dapat di download DISINI