-->

Saturday, May 1, 2010

Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanan

Makanan hewan-hewan tersebut ada yang berasal dari tumbuhan dan ada yang berasal dari hewan. Makanan yang berasal dari tumbuhan, diantaranya rumput, buah-buahan dan biji-bijian. Adapun, makanan yang berasal dari hewan, di antaranya daging. Berdasarkan jenis makanannya tersebut, hewan-hewan dapat dikelompokkan ke dalam beberapa golongan. Penggolongan tersebut, antara lain, herbivor (pemakan tumbuhan), karnivor (pemakan daging), dan omnivor (pemakan tumbuhan dan daging).
1. Hewan Pemakan Tumbuhan (Herbivor)
Hewan yang memakan tumbuhan disebut
herbivor. Hewan apa saja yang termasuk herbivor ? Selain herbivor yang hidup di darat seperti kambing, kuda, dan gajah, ada pula burung yang tergolong herbivor. Burung pemakan tumbuhan ini memiliki ciri khusus, terutama pada bentuk paruhnya.



2. Hewan Pemakan Daging (Karnivor)
Hewan pemakan daging (karnivor) merupakan hewan yang mencari makan dengan cara berburu hewan lain. Untuk berburu dan mencari mangsa, hewan karnivor biasanya memiliki senjata.

Hewan karnivor banyak sekali jenisnya. Selain karnivor yang hidup di darat, ada pula karnivor yang dapat terbang dan karnivor yang hidup di air. Perhatikan Gambar 3.6. Karnivor yang hidup di darat contohnya singa. Sementara itu, karnivor yang dapat terbang contohnya burung hantu dan karnivor yang hidup di air contohnya hiu.

3. Hewan Pemakan Tumbuhan
dan Daging (Omnivor)
Hewan pemakan tumbuhan dan daging (omnivor) terkadang disebut juga sebagai hewan pemakan segala. Hewan omnivor tidak memiliki
ciri khusus yang menunjang untuk jenis makanannya. Contoh hewan omnivor ialah tikus dan babi.

Hewan-hewan tersebut dapat memakan tumbuhan dan hewan, karena hewan omnivore memiliki organ pencernaan yang dapat digunakan untuk memakan makanan yang bersumber dari tumbuhan dan hewan.

Advertiser