-->

Saturday, January 5, 2013

Tips dan trik membuat skripsi atau PTK agar berjalan dengan lancar

Dikalangan Mahasiswa semester akhir, yang namanya skripsi atau Penelitian Tindakan Kelas (jurusan pendidikan) mungkin menjadi momok dan beban yang berat yang selalui menghantui . Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), skripsi diartikan sebagai karangan ilmiah yang diwajibkan sebagai bagian dari persyaratan pendidikan akademis.

Selain memerlukan biaya yang cukup lumayan dan pemikiran yang terus dikuras. Dalam membuat skripsi atau PTK sebenarnya tidak harus kita jadikan sebuah beban berat yang membuat kita sebagai mahasiswa menjadi stress. Berbekal pengalaman yang telah saya hadapi dalam membuat skripsi/PTK, Agar Skripsi atau PTK yang kita buat berjalan baik dan benar ikuti tips dan trik berikut :

  1. Persiapkan diri anda bahwa anda akan membuat skripsi, hal utama dalam persiapan ini adalah dengan berdo’a kepada Allah SWT agar dilancarkan dalam melaksanakan niat anda dalam membuat skripsi serta diberi ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi tantangan dan hambatan.
  2. Minta do’a restu kepada orang tua, karena dengan do’a orang tua Insya Allah segala yang kita laksanakan akan berjalan dengan lancer.
  3. Atur jadwal dalam pembuatannya skripsi tersebut
  4. Buatlah judul skripsi/PTK sesuai panduan dari Universitas tempat anda kuliahContoh Judul PTK yang saya buat : " Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Cahaya Dan Alat Optik melalui Model Pembelajaran NHT ( Numbered Head Together ) di Kelas V SDN Tambak Sirang Baru Kecamatan Gambut "
  5. Gunakan Format skripsi/PTK yang sesuai dengan tempat anda kuliah, jangan mengikuti format yang lain karena setiap fakultas atau tempat kuliah berbeda dalam memakai format skripsi/PTK.
  6. Pergunakan Tata Bahasa yang baku yang sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.
  7. Sebelum konsultasi dengan dosen pembimbing, sebaiknya skripsi/PTK anda periksa terlebih dahulu pengetikannya. Jangan sampai ada terjadi kesalahan pengetikan, misal ” Pembelajaran ” pada skripsi anda tertulis ” embelajara ”. Kesalahan dalam pengetikan bisa membuat skripsi/PTK anda banyak di coret oleh dosen pembimbing
  8. Gunakan Internet untuk mendukung referensi anda secara cepat dan tepat
  9. Kumpulkan buku-buku referensi yang anda perlukan dan selalu mengunjungi perpustakaan atau toko buku untuk menambah referensi anda
  10. Sering-sering membaca contoh-contoh skripsi/PTK yang ada di perpustakaan kampus (bukan menjiplak skripsi orang ya !!)
  11. Sharing dengan sesama teman mahasiswa yang juga membuat skripsi/PTK, dengan memperbanyak sharing bisa menambah ide atau saran buat anda.
  12. 1Selalu ikuti saran yang diberikan dosen pembimbing
  13. Siapkan duit, skripsi/PTK pastilah menghabiskan dana yang lumayan besar.

Sampai disini dulu tips dan trik dari saya, semoga dengan membaca tips ini dapat membantu anda.

Bagi yang ingin menambahkan bisa isi komentar di blog ini ya !!! Oups jangan lupa like ya....


Advertiser