-->

Saturday, May 25, 2013

Contoh Surat Pribadi dan Tips dalam Membuatnya

contoh surat pribadi
Contoh surat pribadi yang akan diulas dibawah ini akan disertai beberapa tips agar lebih mudah dalam membuatnya. Menulis surat pribadi adalah langkah besar bagi banyak orang, terutama mereka yang sulit menempatkan kata-kata mereka di atas kertas. Bahkan penulis lebih berpengalaman mungkin menemukan kesulitan mengekspresikan diri dengan baik dalam sebuah surat pribadi.

Berikut ini adalah tips dari contoh surat pribadi dalam menggambarkan pikiran dan niat Anda

Pikirkan Alasan Menulis Surat Pribadi

Sebelum Anda meletakkan pena bahkan kertas atau duduk di depan keyboard komputer Anda untuk mulai mengetik, penting bagi Anda untuk memikirkan alasan mengapa Anda menulis surat tersebut. Apa yang Anda ingin sampaikan? Dengan adanya sesuatu yang ingin disampaikan dalam pikiran Anda, hal itu akan memungkinkan pembaca tahu persis apa yang ingin Anda katakan dengan cara yang tepat.

Pertimbangkan Nada Surat Pribadi

Surat pribadi juga dapat ditulis dalam berbagai nada. Beberapa surat akan lebih sentimental sedangkan yang lain akan lebih formal namun berurusan dengan masalah pribadi. Cara terbaik untuk membuat surat dengan nada yang benar adalah mempertimbangkan siapa penerimanya. Jika orang yang menerima surat itu adalah teman dekat lama kemudian nada dapat sentimental dan memancarkan kedekatan antara kedua belah pihak. Di sisi lain, jika surat pribadi yang dikirim ke kenalan biasa, maka nada mungkin sedikit lebih formal di dalamnya.

Buat Surat Yang Kedengarannya seperti Langsung Diceritakan oleh Anda

Dengan menulis, kadang-kadang sulit untuk menggambarkan emosi yang tepat dan pesan yang ingin Anda sampaikan. Oleh karena itu, ketika menulis surat akan lebih baik jika Anda membuat surat pribadi seolah-olah Anda sedang berbicara dengan seseorang. Pastikan bahwa surat yang Anda buat terdengar seperti saat Anda akan mengatakan jika Anda berbicara dengan seseorang secara pribadi.

Contoh Surat Pribadi

Yogyakarta, 11 Februari 2017

Yanti Lesianda

Jln. Cendana No. 12
Jakarta Pusat 10110


Apakabar Yanti? Semoga kamu dalam kondisi sehat-sehat saja disana. Surat ini saya kirimkan untuk menanyakan kabar kamu. Saya sangat berharap bahwa hari-hari kamu di kota Jakarta baik-baik saja.

Tau nggak Yan, sebenarnya aku sudah kangen banget sama kamu. Pengen tau wajah kamu yang sekarang kaya apa. Ngga terasa ternyata kita udah lumayan lama ngga pernah bertatap muka. Di Jakarta pasti banyak perubahan yang terjadi sama kamu. Semoga kamu tetap mengingatku sebagai seorang sahabat yang selalu merindukanmu.

Aku berencana untuk mengunjungi kamu disana akhir bulan ini. Ngga sabar pengen ketemu sama kamu.

Tunggu aku ya.. kalau ngga ada halangan akhir bulan ini aku pasti nyampe sana.

Udah dulu ya Yan.. Jaga diri baik-baik. Jangan sampai sakit. Sampai ketemu di Jakarta :)

Ttd,

Herin
Sumber : http://www.sangmagazine.com/2013/03/contoh-surat-pribadi.html

Advertiser