-->

Thursday, October 15, 2015

Jadwal Ujian Nasional di Wilayah Berdampak Kabut Asap Tidak Berubah

Jadwal Ujian Nasional di Wilayah Berdampak Kabut Asap Tidak Berubah-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan memastikan, jadwal pelaksanaan ujian nasional (UN) tidak akan bergeser. Meskipun sebagian besar sekolah di wilayah yang terkena musibah kabut asap seperti Sumatera dan Kalimantan pada pertengahan hingga akhir September 2015 sempat meliburkan siswanya.
"Tidak ada pengaruh sama sekali, jadwal Ujian Nasional berjalan seperti semula. Apalagi rata-rata sekolah yang meliburkan siswanya tidak lebih dari 28 hari, jadi masih bisa dikejar mata pelajarannya dengan mengurangi hari libur serta menambah jam belajar," kata Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemdikbud Bapak Hamid Muhammad saat diskusi dengan para wartawan di kantornya, Kamis (15/10).
Dia mengatakan, pada saat ini kondisi di lapangan selalu berubah-ubah. Namun dari laporan Kepala Dinas Pendidikan dan para bupati/walikota, kondisinya semakin hari semakin membaik, apalagi hujan sudah mulai turun.
Hamid mengatakan, saat terjadi  kabut asap dengan indeks pencemaran udara di atas 300, Provinsi Riau meliburkan sebanyak  3.588 SD, 1.079 SMP, SMA 440, dan SMK 200-an selama dua pekan. Sedangkan Jambi meliburkan sebanyak 5410 sekolah  selama sepekan.‎
Sedangkan untuk wilayah Kalbar, Kalteng, Kalsel tidak ada yang melaporkan dan masih bisa terkendali. ‎"Saat ini, semua sekolah sejak awal Oktober sudah mulai normal kembali. Mudah-mudahan situasinya menjadi tambah baik sehingga tidak akan mengganggu kegiatan proses  belajar mengajar siswa," katanya.

Sumber : JPNN

Advertiser