-->

Friday, October 23, 2015

Tak Usah Khawatirkan Tentang Soal Bahasa

Tak Usah Khawatirkan Tentang  Soal Bahasa  - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengatakan, masyarakat tidak usah khawatir tentang  menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Meskipun nantinya bahasa Inggris akan  menjadi bahasa pengantar resmi dalam MEA, Kemdikbud memastikan bahasa Indonesia tetap akan memiliki posisi setara.

“Di dunia ini tidak ada bahasa yang asli/murni. Semua bahasa  menyerap dari bahasa lain. Kita tidak usah takut untuk menyerap bahas asing kedalam bahasa Indonesia. Didalam diplomasi budaya, justru bahasa kita bahasa Indonesia juga bisa diserap oleh negara-negara lain. Jadi bahasa Indonesia juga bisa menjadi penyumbang kosakata bahasa di dunia,” kata Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud, Mahsun, Pada hari Kamis (22/10).

Beliau menambahkan, untuk saat ini Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud juga berupaya melakukan upaya untuk menambah kosakata bahasa Indonesia yang bisa diambil dari bahasa daerah. Hal itu dilakukan agar memperkaya kosakata didalam bahasa Indonesia.
Menurut beliau, Mendikbud Anies Baswedan meminta agar unsur-unsur yang ada didalam bahasa daerah harus bisa mewarnai bahasa Indonesia. Hal itupun ditindak lanjuti oleh Badan Bahasa Kemendikbud dengan melakukan inventarisasi kosakata bahasa daerah.
“Sekarang kita sudah punya sekitar 90.000 kosakata dalam bahasa Indonesia. Ditargetkan nanti pada tahun 2019 bisa mencapai 200.000 kosakata,” Katanya. 

Sumber : JPNN

Advertiser