-->

Saturday, February 13, 2016

CARA MUDAH MEMBUAT UKURAN KERTAS F4 DI PAGE SETUP MICROSOFT OFFICE EXCEL

CARA MUDAH MEMBUAT UKURAN KERTAS F4 DI PAGE SETUP MICROSOFT OFFICE EXCEL


Blog'e Kayen | Cara membuat ukuran kertas F4 di Page Setup Microsoft Office Excel. Apakah ada yang pernah mencetak file microsoft excel tapi hasilnya masih terpotong atau tidak pas di kertas F4? Kalau ada, berarti sama dengan pengalaman yang pernah saya alami. Tetapi kalau tidak ada, berarti Anda orang yang sudah hebat dan pintar.

Biasanya ukuran kertas yang ada di page setup microsoft excel adalah legal (21,60 cm x 35,60 cm), A4 (21,00 cm x 29,70 cm), Letter (21,59 cm x 27,94 cm) atau yang lainnya. Lalu kenapa ya ukuran untuk kertas F4 (21,50 cm x 33,30 cm) tidak ada? padahal di toko-toko ATK ukuran kertas F4 yang banyak digunakan ukuran F4 untuk cetak-mencetak. Hehehe... saya juga tidak tahu alasannya kenapa tidak ada ukuran yang F4. Tapi tidak masalah, karena kita belajar cara membuat ukuran kertas F4 di page setup microsoft excel sendiri. Jadi pas kita membuat file baru di microsoft excel bisa langsung pilih ukuran untuk kertas F4 di page setup.

Mungkin kebanyakan dari kita sudah banyak yang tahu, kalau di Microsoft Excel tidak ada pengaturan custom untuk ukuran kertasnya, berbeda dengan Microsoft Office Word yang tersedia pilihan custom di page setup. Untuk yang biasa mencetak menggunakan kertas A4 mungkin tidak jadi masalah karena ukuran A4 sudah tersedia page setup, namun bagaimana mencetak dengan ukuran kertas F4, tentu akan kerepotan karena tidak ada pilihan F4 di page setup. Biasanya cara yang sering digunakan adalah menggunkan ukuran kertas Legal (21,60 cm x 35,60 cm) lalu melebihkan beberapa centimeter pada bagian batas bawahnya.

Contoh hasil yang di buat :

Lihat video cara membuat ukuran kertas F4 di Page Setup Microsoft Excel.


Cara membuat ukuran kertas F4 di Page Setup Microsoft Excel:
1 Klik Start
2 Pilih Device and Printers
3 Pilih salah satu jenis Print
4 Klik menu Print Server Properties
5 Tampil jendela Print Server Properties
==> Centang pada Create a new form
==> Isikan nama pada Form name dengan nama F4
==> Kemudian ubah ukuran Width : 21,50 cm dan Height : 33,30 cm
==> Klik Save Form
6 Selesai

Kemudian teman-teman bisa melihat hasilnya, buka microsoft excel lalu lihat pada Page Layout >> Page setup. Bagaimana hasilnya ? kirim jawabanmu lewat komentar Disqus di bawah ya.


Demikianlah Cara membuat ukuran kertas F4 di Page Setup Microsoft Office Excel secara mandiri. Ternyata mudah asal ada keinginan belajar, belajar dan belajar. Semoga bermanfaat untuk semuanya dan mohon maaf atas segala kekurangannya.
Terima kasih....

Advertiser