Oleh Sahrudin, A. Ma
1.Pengertian pendekatan proses adalah pendekatan yang memberikan pengetahuan terhadap siswa mengenai hakikat ilmu pengetahuan dan siswa sendiri yang menemukan fakta dan konsepnya.
Contohnya: siswa mengamati tentang stuktur analogi daun tumbuhan dikotil dan monokotil. Siswa sendiri yang harus mengetahui dimana bagian-bagian dari anatomi daun pada tumbuhan dikotil dan tumbuhan monokotil
2.Aspek-aspek keterampilan IPA
Keterampilan-keterampilan proses meliputi:
Mengamati/observasi adalah proses pengamatan yang dilakukan dengan menggunakan panca indera yaitu indera penglihatan.
Contoh: siswa disuruh untuk mengamati bagian-bagian bunga
Keterampilan mengklasifikasi adalah pengamatan yang dilakukan terhadap suatu objek dengan mengamati persamaan dan perbedaannya berdasarkan urutannya.
Contohnya: mengklasifikasi tentang makhluk hidup.
Keterampilan memprediksi adalah memperkirakan tentang apa yang akan terjadi berdasarkan kecenderungan atau hubungannya. Contohnya: prediksi tentang cuaca, yang mengatakan bahwa besok mendung dan akan terjadi hujan.
Keterampilan membuat hipotesis adalah keterampilan yang didasarkan pada dugaan sementara yang terjadi di alam dan biasanya melalui pengamatan, eksperimen, dan demontrasi.
Keterampilan mengendalikan variable
Adalah factor-faktor yang berpengaruh dan bervariasi Variabel terdiri dari atas:
variabel bebas: variabel yang menyebabkan terjadinya perubahan.
variabel terikat: variabel yang di pengaruhi.
variabel kontrol: variabel yang tidak berubah atau tetap
Contohnya: pengaruh limbah pabrik terhadap pencemaran lingkungan
variable bebas variabel terikat variabel kontrol:
kebiasaan membuang sampah pembuangan asap knalpot pada motor dan mobil pembakaran lahan
Keterampilan merencanakan dan melaksanakan penelitian eksperimen.
Adalah keterampilan yang kompleks yang meliputi beberapa tahap yaitu:
manetapkan masalah penelitian menetapkan hipotesis
manetapkan bhan dan alat yang di gunakan. Menetapkan langkah-langkah percobaan serta waktu yang dibutuhkan menentukan format tabulasi
Keterampilan menyimpulkan (inferensi) adalah kesimpulan yang diambil dari data informasi. Contoh: siswa enarika kesimpulan berdasarkan pengalaman tentang proses pertunbuhan tanaman yang berada di tempat gelap dan di tempat terang.
Keterampilan mengaplikasikan adalah keterampilan yang menerapkan konep-konsep atau pengetahuanyang dimilikinya dalam kehidupan sehari-hari.
Keterampilan mengakomodasi adalah keterampilan menyampaikan apa yang ada dalam pikirannya pada orang lain. Contohnya: siswa maju kedepan kelas dan berbicara mengenai ide-ide yang ada pada dirinya kepada teman-temannya.
3.Pendekatan keterampilan proses di SD.
a.Siswa mengklasifikasikan objek menurut bentuk, jumlah, dan ukurannya
b.Membuat model dan mempergunakan alat-alat peraga dalam proses pembelajaran
Contoh : Menggambar diagram atau menampilkan gambar berupa foto, dll.
c.Siswa mampu membuat hipotesis dalam mengamati suatu objek.
d.Membuat generalisasi dengan menarik kesimpulan dari hal-hal yang khusus
e.Siswa mampu membuat inferensi berdasarkan objek yang diamati.
f.Siswa menginterpretasikan data yaitu mampu mengolah data
g.Mengambil keputusan berdasarkan alternatif yang dipilih
h.Siswa mengamati objek dengan menggunakan panca indera.
1.Pengertian pendekatan proses adalah pendekatan yang memberikan pengetahuan terhadap siswa mengenai hakikat ilmu pengetahuan dan siswa sendiri yang menemukan fakta dan konsepnya.
Contohnya: siswa mengamati tentang stuktur analogi daun tumbuhan dikotil dan monokotil. Siswa sendiri yang harus mengetahui dimana bagian-bagian dari anatomi daun pada tumbuhan dikotil dan tumbuhan monokotil
2.Aspek-aspek keterampilan IPA
Keterampilan-keterampilan proses meliputi:
Mengamati/observasi adalah proses pengamatan yang dilakukan dengan menggunakan panca indera yaitu indera penglihatan.
Contoh: siswa disuruh untuk mengamati bagian-bagian bunga
Keterampilan mengklasifikasi adalah pengamatan yang dilakukan terhadap suatu objek dengan mengamati persamaan dan perbedaannya berdasarkan urutannya.
Contohnya: mengklasifikasi tentang makhluk hidup.
Keterampilan memprediksi adalah memperkirakan tentang apa yang akan terjadi berdasarkan kecenderungan atau hubungannya. Contohnya: prediksi tentang cuaca, yang mengatakan bahwa besok mendung dan akan terjadi hujan.
Keterampilan membuat hipotesis adalah keterampilan yang didasarkan pada dugaan sementara yang terjadi di alam dan biasanya melalui pengamatan, eksperimen, dan demontrasi.
Keterampilan mengendalikan variable
Adalah factor-faktor yang berpengaruh dan bervariasi Variabel terdiri dari atas:
variabel bebas: variabel yang menyebabkan terjadinya perubahan.
variabel terikat: variabel yang di pengaruhi.
variabel kontrol: variabel yang tidak berubah atau tetap
Contohnya: pengaruh limbah pabrik terhadap pencemaran lingkungan
variable bebas variabel terikat variabel kontrol:
kebiasaan membuang sampah pembuangan asap knalpot pada motor dan mobil pembakaran lahan
Keterampilan merencanakan dan melaksanakan penelitian eksperimen.
Adalah keterampilan yang kompleks yang meliputi beberapa tahap yaitu:
manetapkan masalah penelitian menetapkan hipotesis
manetapkan bhan dan alat yang di gunakan. Menetapkan langkah-langkah percobaan serta waktu yang dibutuhkan menentukan format tabulasi
Keterampilan menyimpulkan (inferensi) adalah kesimpulan yang diambil dari data informasi. Contoh: siswa enarika kesimpulan berdasarkan pengalaman tentang proses pertunbuhan tanaman yang berada di tempat gelap dan di tempat terang.
Keterampilan mengaplikasikan adalah keterampilan yang menerapkan konep-konsep atau pengetahuanyang dimilikinya dalam kehidupan sehari-hari.
Keterampilan mengakomodasi adalah keterampilan menyampaikan apa yang ada dalam pikirannya pada orang lain. Contohnya: siswa maju kedepan kelas dan berbicara mengenai ide-ide yang ada pada dirinya kepada teman-temannya.
3.Pendekatan keterampilan proses di SD.
a.Siswa mengklasifikasikan objek menurut bentuk, jumlah, dan ukurannya
b.Membuat model dan mempergunakan alat-alat peraga dalam proses pembelajaran
Contoh : Menggambar diagram atau menampilkan gambar berupa foto, dll.
c.Siswa mampu membuat hipotesis dalam mengamati suatu objek.
d.Membuat generalisasi dengan menarik kesimpulan dari hal-hal yang khusus
e.Siswa mampu membuat inferensi berdasarkan objek yang diamati.
f.Siswa menginterpretasikan data yaitu mampu mengolah data
g.Mengambil keputusan berdasarkan alternatif yang dipilih
h.Siswa mengamati objek dengan menggunakan panca indera.