Belakangan ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK) semakin menjadi trend
untuk dilakukan oleh para profesional sebagai upaya pemecahan masalah
dan peningkatan mutu di berbagai bidang. Awal mulanya, PTK, ditujukan
untuk mencari solusi terhadap masalah sosial (pengangguran, kenakalan
remaja, dan lain-lain) yang berkembang di masyarakat pada saat itu. PTK
dilakukan dengan diawali oleh suatu kajian terhadap masalah tersebut
secara sistematis. Hal kajian ini kemudian dijadikan dasar untuk
mengatasi masalah tersebut. Dalam proses pelaksanaan rencana yang telah
disusun, kemudian dilakukan suatu observasi dan evaluasi yang dipakai
sebagai masukan untuk melakukan refleksi atas apa yang terjadi pada
tahap pelaksanaan. Hasil dari proses refeksi ini kemudian melandasi
upaya perbaikan dan peryempurnaan rencana tindakan berikutnya.
Tahapan-tahapan di atas dilakukan berulang-ulang dan berkesinambungan
sampai suatu kualitas keberhasilan tertentu dapat tercapai.
Dalam bidang pendidikan, khususnya kegiatan pembelajaran, PTK berkembang
sebagai suatu penelitian terapan. PTK sangat bermanfaat bagi guru untuk
meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran di kelas. Dengan
melaksanakan tahap-tahap PTK, guru dapat menemukan solusi dari masalah
yang timbul di kelasnya sendiri, bukan kelas orang lain, dengan
menerapkan berbagai ragam teori dan teknik pembelajaran yang relevan
secara kreatif. Selain itu sebagai penelitian terapan, disamping guru
melaksanakan tugas utamanya mengajar di kelas, tidak perlu harus
meninggalkan siswanya. Jadi PTK merupakan suatu penelitian yang
mengangkat masalah-masalah aktual yang dihadapi oleh guru di lapangan.
Dengan melaksanakan PTK, guru mempunyai peran ganda : praktisi dan
peneliti. Classroom action research (CAR) adalah action research yang
dilaksanakan oleh guru di dalam kelas. Action research pada hakikatnya
merupakan rangkaian “riset-tindakan-riset- tindakan- …”, yang dilakukan
secara siklik, dalam rangka memecahkan masalah, sampai masalah itu
terpecahkan.
Preview File Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Terbaru.Docs
Ada beberapa jenis action research, dua di antaranya adalah individual action research dan collaborative action research (CAR). Jadi CAR bisa berarti dua hal, yaitu classroom action research dan collaborative action research; dua-duanya merujuk pada hal yang sama. Action research termasuk penelitian kualitatif walaupun data yang dikumpulkan bisa saja bersifat kuantitatif. Action research berbeda dengan penelitian formal, yang bertujuan untuk menguji hipotesis dan membangun teori yang bersifat umum (general). Action research lebih bertujuan untuk memperbaiki kinerja, sifatnya kontekstual dan hasilnya tidak untuk digeneralisasi. Namun demikian hasil action research dapat saja diterapkan oleh orang lain yang mempunyai latar yang mirip dengan yang dimliki peneliti. Perbedaan antara penelitian formal dengan classroom action research disajikan dalam tabel
Dalam dunia pendidikan, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berkembang
sebagai suatu penelitian terapan. Penelitian Tindakan Kelas sangat
bermanfaat untuk guru dalam meningkatkan mutu proses dan hasil
pembelajaran di kelas. Dengan melaksanakan tahap-tahap Penelitian
Tindakan Kelas (PTK), guru dapat menemukan solusi dari masalah yang
timbul di kelasnya, dan bukan kelas orang lain, dalam hal ini Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan oleh guru kelas tersebut, dengan
menerapakan berbagai ragam teori dan tekhnik pembelajaran yang relevan
secara kreatif.
Ada beberapa alasan mengapa PTK merupakan suatu kebutuhan bagi guru untukmeningkatkan profesional seorang guru :
- PTK sangat kondusif untuk membuat guru menjadi peka tanggap terhadap dinamika pembelajaran di kelasnya. Dia menjadi reflektif dan kritis terhadap lakukan.apa yang dia dan muridnya
- PTK dapat meningkatkan kinerja guru sehingga menjadi profesional. Guru tidak lagi sebagai seorang praktis, yang sudah merasa puas terhadap apa yang dikerjakan selama bertahun-tahun tanpa ada upaya perbaikan dan inovasi, namun juga sebagai peneniliti di bidangnya.
- Dengan melaksanakan tahapan-tahapan dalam PTK, guru mampu memperbaiki proses pembelajaran melalui suatu kajian yang dalam terhadap apa yang terhadap apa yang terjadi di kelasnya. Tindakan yang dilakukan guru semata-mata didasarkan pada masalah aktual dan faktual yang berkembang di kelasnya.
- Pelaksanaan PTK tidak menggangu tugas pokok seorang guru karena dia tidak perlu meninggalkan kelasnya. PTK merupakan suatu kegiatan penelitian yang terintegrasi dengan pelaksanaan proses pembelajaran.
- Dengan melaksanakan PTK guru menjadi kreatif karena selalu dituntut untuk melakukan upaya-upaya inovasi sebagai implementasi dan adaptasi berbagai teori dan teknik pembelajaran serta bahan ajar yang dipakainya.
Bagi Bapak/Ibu Guru yang memegang guru kelas, dalam pembuatan Penelitian
Tindakan Kelas, tidak usah khawatir, pada kesempatan ini izinkan saya
untuk berbagi informasi mengenai Penelitian Tindakan Kelas (PTK). File
tersebut hanya tinggal anda edit menyesuaikan dengan kondisi keadaan
sekolah masing-masing.Bagi Bapak/Ibu guru yang memerlukan filenya,
silahkan download di bawah ini :